Sabtu, 19 September 2009

Tips membersihkan kaburator

Kaburator merupakan elemen yang sangat vital bagi kendaraan anda,jika perawatan tdk baik,maka besar kemungkinan kendaraan anda akan rewel saat anda kendarai,Berikut ini adalah tips2 yang dapat anda pergunakan untuk merawat karburator kendarbn anda

1. Membersihkan filter udara atau penampung debu.
Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator,lepas busa filter lalu biarkan kering sendiri.Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi dapat menyebapkan rusaknya pori2 busa filter tsa.



2. Membersihkan karburator bukalah karburator dengan cara melepas baut2 pengikat,tu2p karburator katup chok (choke) dan kran bensin gunakan kunci yg sesuai agar alat2 tidak gampang dol.Lepas komponen2 karburator lalu tempatkan dalam wadah yg berisi cairan pembersih agar mudah,gunakan saja cairannya Bensin.
Lepas mangkok karburator,pelampung dan jarum pelampung main jet,pilot jet dan yang lainnya,hati2 terhadap parts yang kecil2 dan seal atau karet pelindung.Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yg mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihkan karburator dengan kuas,lalu semprot lubang2nya dengan udara bertekanan tinggi.Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer2 jangan terlalu banyak mengamplasnya karena dapat menyebapkan perubahan ukuran diameter spuyer.Setelah bersih,pasang kembali spuyer2 tsb.
Gunakan obeng spuyer dan pengencangannya jangan terlalu keras,cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

3. Menyetel tinggi pelampung
Sebelum dipasang komponen2 karburator sebaiknya anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat.

4. Merakit karburator.
Pasanglah kembali bagian2 karburator yang tadi dilepas.Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin.Lalu stel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup.
Stel spuyer angin dengan cara memutar kearah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dg standar mesin atau kondisi mesin motor anda

Anda juga harus menyetel baut penyetel langsam yang terletak dipinggir badan karburator.Setel pada saat panas mesin yg ideal.Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar