Tugas utam karburator adalah mencapur Bahan Bakar (BB) + Udara (02) kira2 dengan perbandingan rangenya BB:02 adalah 1:13-15 pokoknya gimana caranya biar mesin dapat suplai campuran segitu.
Kenapa pakai range,padahal teori dibuku2 pembakaran ideal itu 1:14 ?
Jawabannya adlah Karena kondisi mesin dan lingkungan mempengaruhi campuran BB:02
Misal :
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyk biar mesin gak jebol.
HUMIDITY (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air.BERARTI campuran makin miskin BERARTI bensin harus lebih banyak,suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (free flow)
Berarti RPM makin tinggi berarti suhu mesin meningkat BERARTI butuh suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi dan masih banyak lagi
Para meter yang harus diperhatikan termasuk desain lubang masuk pada blok yang berpengaruh dengan settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnyaSetting karbu
Karbu punya 2 spuyer :
- Satu main jet (untuk NSR standard ukuran 130 yang berperan menyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas.
- Satu buah pilot jet (NSR standard ukurannya 45) yang berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh.
Cuma efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan N RPM mesin yang sudah tinggi.hal lain yg berpengaruh dengan settingan termasuk :
ukuran venturi karbu
jarum skep
stelan angin
power jet
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yang lewat sehingga butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campurannya bisa pas.
trus kapan kita membesarkan atau mengecilkan spuyer2 tadi ?
Sebelumnya harus dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB :
1. "ngempos" adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yang disebapkan kekurangan BB
2. "mberebet" adalah gejala mesin yang sebenarnya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dg suara benturan logam kalo settingan nya terlalu besar.
Berarti kalo "ngempos" mesin butuh BB,kalo Brebet mesin kebanyakan BB.
Kasus2
Nah berikut kasus2 yang sering terjadi karena masalah pilot jet
Motor kalo pagi susah hidup karena begitu gas dibuka ngempos terus mati yang berarti naekin pilot jet
Motoq dah jalan tapi sering tiba2 kehikangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naikin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naik pilot jet
Motor berebet diputaran bawah tapi enak diputaran atas berarti pilot jet kebesaran
Motor ngak pake dicok kalo pagi N bisa langsung star (ini juga ngak normal ) berarti pilot harus turun
kesimpulan
Kalo ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yang relatif rendah maka minta naek pilot jet N kalo ada gejala brebet di but rendah juga maka pilot harus turun
Tuk kasus2 main jet
Motor dibawa kebut2an sampe putaran atas trush begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asap ngepul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat diatas BERARTI main jet minta naik
Nafas motor diputaran atas terlalu panjang berarti main jet minta naik
Motor ngelitik padahal yang lain normal berarti suhu mesin sangat tinggi saat putaran atas berarti main jet minta naik
Motor brebet diputaran atas saja berarti main jet minta turun ,dll
kesimpulannya
jika motor brebet diputaran atas berarti main jet harus turun,jika motor suhu tinggi diputaran atas berarti main jet minta naik
Note :
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin jangan berpatokan pada indikator suhu dashboard tuk panduan setting karena pasti gak sesuai,ini butuh joki yang feelingnya dah kuat.Ada kalanya detonasi tdk bisa di obati dengan naekin spuyer.Jika detonasinya sudah parah,ini berarti ada ketidak normalan pada komponen mesin lainnya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar